POST TERAKHIR

14 Agustus 2009

Assalamu'alaikum

Nama saya Djati Widodo. Lahir tahun 1962, ketika beras masih menjadi makanan mewah bagi sebagian besar penduduk negeri ini.

Kalau mau sedikit bohong, sehari-hari saya mengelola PT ASA CIPTA, rental mobil yang saya dirikan keroyokan bareng teman-teman. Realitanya, di kantor saya lebih sering fesbukan dan ngobrol ngalor ngidul. Saya punya tim kerja yang luar biasa, sehingga nyaris tidak ada lagi pekerjaan yang tersisa untuk saya selain tandatangan – itupun hanya karena tidak bisa diganti orang lain.

Saya menjadi pengusaha bukan lantaran sulit cari kerja apalagi bosan jadi pekerja, tapi memang sejak kecil suka berniaga. Entah, penyakit itu datangnya dari mana. Orangtua sampai nenek moyang semuanya pegawai pemerintah. Tidak satupun menjadi pedagang. Tetangga kiri-kanan juga ambtenaar. Bahkan saat itu, pengusaha masih dianggap kasta rendah dan semua orang punya cita-cita jadi pegawai negeri. Tapi sejak awal saya sudah ngotot pengin berdagang. (Barangkali mungkin kesambet jin konglomerat waktu pipis di bawah pohon.)



Akhir Agustus 2011, saat ayah saya meninggal, selain menerima ucapan belasungkawa, saya mendapat pertanyaan sama dari seluruh teman yang hadir melayat, "Kamu bukan cina?"

Entah kenapa, meski profil wajah saya mirip dengan keluarga yang lain, tapi mata lebih sipit dan warna kulit agak luntur, sehingga banyak yang menyangka saya barang import dari tanah leluhurnya Jenghis Khan.

Saya menikah dengan Sri Wahyuni dan dikaruniai dua anak. Yang sulung bernama Adella, sementara adiknya belum sempat punya nama lantaran keluar jauh sebelum waktunya dan langsung pamit.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar