POST TERAKHIR

01 Desember 2012

ENJOY AJA!

Suatu ketia bisnis saya terpuruk habis. Dan sekeras apapun saya berjuang, berusaha bangkit, selalu ketemu jalan buntu. Saat saya sudah seperti katak yang kelelahan setelah ratusan kali melompat berusaha keluar dari lobang tapi tak kunjung berhasil, seseorang memberi nasehat supaya saya bersyukur dan tidak terlalu ngotot. "Bersyukurlah, meskipun bangkrut, kamu tidak dikejar debt collector."

Kalau saja saya cukup waras, entah apa jadinya orang itu. Enak saja nyuruh bersyukur. Coba saja kalau dia yang mengalami, seluruh harta ludes, tinggal celana kolor. Tapi saat itu mental saya sudah sangat lelah. Pikiran saya terlalu kacau untuk diajak berbantah.

Bahkan beberapa bulan kemudian, ketika keadaan menjadi semakin buruk, akhirnya saya tidak punya pilihan lain kecuali mengakui bahwa nasehat itu benar. Saya memang harus bersyukur, meskipun semua harta ludes, tapi tidak punya tanggungan bayar hutang, sementara beberapa kawan yang bisnisnya juga bangkrut harus berakhir di penjara atau rumahsakit jiwa. 

Hari itu untuk pertamakalinya saya berhenti merengek-rengek berdo'a minta ini itu, dan hanya mengucap Alhamdulillah karena saya masih bisa menikmati apapun yang saya makan dan tidur nyenyak, karena masih ada sisa duit walaupun hanya beberapa ratus ribu, karena ada motor yang bisa saya pinjam, karena ada pedagang keliling yang bersedia meminjamkan sebagian dagangannya, karena badan saya tetap sehat dan kuat setiap hari jualan keliling, menempuh lebih dari 100 kilometer, meskipun kadang cuma makan sekali. 

Lambat tapi pasti, akhirnya saya menyadari, semakin banyak yang bisa saya syukuri semakin enak rasanya. Segala macam perasaan sumpeg, sesak, bahkan penyakit orang gagal (pesimis, iri, dengki, suka mencela) yang mulai berjangkit, berangsur-angsur hilang.

Bersyukur tidak membuat hidup menjadi lebih mudah. Masalah dan kesulitan tetap menjadi menu rutin harian. Tapi paling tidak saya bisa mengendalikan reaksi saya terhadap hal-hal buruk yang terjadi.

Seperti ketika brand new Altis yang saya pinjam dari teman – lalu saya sewakan kembali – hampir seluruh bagasinya hancur diseruduk mobil militer yang telat ngerem di lampu merah. Punya urusan dengan tentara saja sudah apes, apalagi mobil tidak diasuransikan. Lebih konyol lagi, pemilik kendaraan ternyata tidak siap menghadapi resiko seperti itu.

Hanya satu kalimat yang membuat saya tetap bisa berpikir waras: Alhamdulillah, untung cuma kena bagasi. Penumpang dan sopir saya tidak katut jadi korban.

Setelah itu tidak terjadi keajaiban apa-apa, tapi karena pikiran tidak kacau, saya bisa nemu cara terbaik untuk menyelesaikannya. Termasuk tidak melimpahkan biaya perbaikan kendaraan kepada sopir, karena dia memang tidak bersalah.

Saya rasa, untuk lolos dari masalah atau supaya menang ketika menghadapi rintangan, kita tidak butuh keajaiban atau jurus perang Tsun Zu. Hanya perlu sedikit ketenangan supaya "malaekat" kreatif yang bersemayam dalam diri kita bisa bekerja dengan leluasa. Dan karena masalah dan rintangan adalah menu harian bagi pengusaha, maka tidak ada cara lain untuk mengadapi kecuali ENJOY AJA!



PREV - FUNPRENEURSHIP NEXT

1 komentar:

  1. saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH BASKORO atas bantuannya saya bisa menang togel 4D sudah 2x berturut2 yaitu [ 6721/1305 ]..saya ingin berbagi cerita kepada semuanya bahwa saya ini cuma seorang perantau dan saya cuma bekerja sebagai pembantu,tentunya anda tau kalau pembantu itu gajinya tidak seberapa dan saya kepengen pulang kampung tapi gaji saya tidak cukup akhirnya saya coba pinjam keteman saya,dia pun juga tidak punya uang dan saya pindah lagi keteman yang lain dia pun juga tidak punya,,akhirnya teman saya memberikan nomor telpon MBAH BASKORO dan katanya ini paranormal sangat terkenal yang banyak membantu orang dalam mengatasi masalah,dengan penuh semangat saya langsun menghubungi MBAH BASKORO dan ALHAMDULILLAH saya diberikan anka yang benar-benar tembus dan berkat bantuan MBAH BASKORO saya sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya dikampung,,jika anda sangat membutuhkan bantuan..jangan anda ragu silahkan hubungi saja MBAH BASKORO di 085-217-344-419,,karna beliau meman benar-benar paranormal yang bisa dipercaya dan yang punya room terimah kasih banyak atas tumpangannya..

    BalasHapus